Kamis, 27 Januari 2011

RPP-fiqih kls 6 sm 1

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN FIQIH
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
1. Mengenal ketentuan mandi wajib

B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah haid

C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang menyebabkan harus mandi wajib
 Siswa dapat menjelaskan tentang rukun mandi wajib dan sunnah-sunnah mandi wajib
 Siswa dapat menjelaskan tentang perbedaan mandi wajib dengan mandi biasa

D. Materi Pembelajaran
 Mandi wajib setelah haid

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang mandi wajib
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang mandi wajib.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang mandi wajib.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang mandi wajib
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang mandi wajib
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang mandi wajib.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema mandi wajib
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang mandi wajib.

3. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang mandi wajib
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi mandi wajib
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin

H. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan pengertian mandi wajib
 Menyebutkan sebab mandi wajib
 Menyebutkan rukun mandi wajib
 Menyebutkan sunnah mandi wajib
 Membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa Tes Tulis
Tes lisan Uraian
 Jelaskan pengertian mandi wajib!
 Sebutkan sebab mandi wajib!
 Sebutkan rukun mandi wajib dan sunnah mandi wajib!
 Apa perbedaan antara mandi wajib dengan mandi biasa?





Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan mandi wajib

B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal ketentuan khitan

C. Tujuan Pembelajaran :
 Mencari arti khitan

D. Materi Pembelajaran
 Pengertian khitan

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang khitan
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang khitan.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang khitan.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang khitan
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang khitan
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang khitan.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema khitan
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang khitan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang khitan
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi khitan
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin

H. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan pengertian khitan Tes Tulis Uraian
 Jelaskan pengertian pengertian khitan!

Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan mandi wajib

B. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal ketentuan khitan

C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang dasar hukum khitan
 Siswa memperhatikan keterangan guru tentang hukum khitan
 Siswa membuat kelompok dan mendiskusikan hikmah disyariatkannya khitan

D. Materi Pembelajaran
 Hukum khitan
 Hikmah dan manfa-at khitan

E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
4. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang khitan
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang khitan.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

5. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang khitan.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang khitan
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang khitan
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang khitan.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema khitan
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang khitan.

6. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang khitan
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi khitan
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin

H. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan dasar hukum khitan
 Menyebutkan hukum khitan
 Menyebutkan hikmah khitan Tes Tulis Uraian
 Jelaskan dasar hukum khitan!
 Sebutkan hukum khitan!
 Jelaskan hikmah khitan!










Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini