PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN FIQIH
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 1
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )
Sekolah :  Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :  Fiqih
Kelas/Semester :  VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
 
A. Standar Kompetensi
1. Mengenal ketentuan mandi wajib
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah haid
 
C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang menyebabkan harus mandi wajib
 Siswa dapat menjelaskan tentang rukun mandi wajib dan sunnah-sunnah mandi wajib
 Siswa dapat menjelaskan tentang perbedaan mandi wajib dengan mandi biasa
D. Materi Pembelajaran
 Mandi wajib setelah haid
E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang mandi wajib
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang mandi wajib.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang mandi wajib.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang mandi wajib
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang mandi wajib
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang mandi wajib.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema mandi wajib
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang mandi wajib. 
 
3. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang mandi wajib
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi mandi wajib
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
 
G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
 
H. Penilaian
 
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan pengertian mandi wajib 
 Menyebutkan sebab mandi wajib
 Menyebutkan rukun mandi wajib
 Menyebutkan sunnah mandi wajib
 Membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa Tes Tulis
Tes lisan  Uraian
  Jelaskan pengertian mandi wajib! 
 Sebutkan sebab mandi wajib!
 Sebutkan rukun mandi wajib dan sunnah mandi wajib!
 Apa perbedaan antara mandi wajib dengan mandi biasa?
 
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.  .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )
Sekolah :  Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :  Fiqih
Kelas/Semester :  VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
 
A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan mandi wajib
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal ketentuan khitan
 
C. Tujuan Pembelajaran :
 Mencari arti khitan
D. Materi Pembelajaran
 Pengertian khitan
E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang khitan
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang khitan.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang khitan.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang khitan
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang khitan
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang khitan.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema khitan
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang khitan. 
 
3. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang khitan
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi khitan
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
 
G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
 
H. Penilaian
 
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menyebutkan pengertian khitan Tes Tulis Uraian
  Jelaskan pengertian pengertian khitan! 
 
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.  .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )
Sekolah :  Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran :  Fiqih
Kelas/Semester :  VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
 
A. Standar Kompetensi
2. Mengenal ketentuan mandi wajib
B. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal ketentuan khitan
 
C. Tujuan Pembelajaran :
 Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang dasar hukum khitan
 Siswa memperhatikan keterangan guru tentang hukum khitan
 Siswa membuat kelompok dan mendiskusikan hikmah disyariatkannya khitan
D. Materi Pembelajaran
 Hukum khitan
 Hikmah dan manfa-at khitan
E. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Tanya jawab
 Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
4. Kegiatan Pendahuluan
 Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
 Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang khitan
 Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang khitan.
 Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
5. Kegiatan Inti
 Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang khitan.
 Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang khitan
 Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang khitan
 Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang khitan.
 Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema khitan
 Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang khitan. 
 
6. Kegiatan Penutup
 Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang khitan
 Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi khitan
 Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
 
G. Alat/Sumber Belajar
 Kamus, ensiklopedi islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
 
H. Penilaian
 
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
 Menunjukkan dasar hukum khitan
 Menyebutkan hukum khitan
 Menyebutkan hikmah khitan Tes Tulis Uraian
  Jelaskan dasar hukum khitan!
 Sebutkan hukum khitan!
 Jelaskan hikmah khitan!
 
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.  .............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih
..........................................
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar