Kamis, 27 Januari 2011

RPP-SKI kls 6

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS VI SEMESTER 1

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : MI Miftahul Ulum 01
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
Materi ajar : Pengertian dan
Tugas khulafaura-syidin
Alokasi waktu : 5 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
• Mengkonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
• Membedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
• Menjelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin
Tes Tulis


Performance



Tes Tulis



Tes Tulis
Jawaban singkat



Jawaban singkat



Jawaban singkat


Uraian 1. Bedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat...... ?

2 Jelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw.................. !


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100
 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
JUMLAH SKOR 100




......... , ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.













RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : MI Miftahul Ulum 01
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar : 1.2 Menceritakan silsilah,kepribadian Abu
Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah
Islam.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Abu Bakar & membaca buku tentang kepribadian Abu Bakar

Materi ajar : • Silsilah Abu Bakar
• Kepribadian Abu Bakar
• Perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam
Alokasi waktu : 5 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran

b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

• Membuat dan membaca bagan tentang silsilah keluarga Abu Bakar &
• Membaca buku tentang kepribadian Abu Bakar
• Menggali informasi tentang perjuangan Abu Bakar dalam dakwah Islam
Produk


Tes Tulis

Tes Tulis



Hasil Bagan

Jawaban singkat


Uraian
1. Sebutkan nama ayah dan ibu Abu Bakar ..............?
2. Sebutkan asal suku/ klan/ bani Abu Bakar............?
3. Tentukan pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw.......?
4. Sebutkan karakter sifat Abu Bakar yang menonjol..........?


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100




......... , ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.























RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah ...................
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar : 1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Abu Bakar as-Shiddiq.

Tujuan Pembelajaran : • Siswa dapat mensosiodramakan, memperagakan tentang kebijakan & kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak , penyadaran akan adanya Nabi palsu, kaum murtad & kaum ingkar zakat.

Materi ajar : • Kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
• Keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
• Khalifah Abu Bakar menyadarkan Nabi Palsu
• Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum murtad
• Khalifah Abu Bakar menyadarkan kaum ingkar zakat
• Khalifah Abu Bakar membukukan al-Qur’an
• Khalifah Abu Bakar merintis dakwah Islam di Persia dan Syiria
Alokasi waktu : 5 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill


Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menjelaskan kepedulian Abu Bakar dalam pembebasan budak
• Menyebutkan nama-nama budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar
• Menjelaskan keyakinan Abu Bakar dalam peristiwa Isra’-Mi’roj
• Menjelaskan alasan Abu Bakar mendapat sebutan As-shiddiq
• Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan nabi palsu
• Menyebutkan nama-nama tokoh nabi palsu
• Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum murtad
• Menyebutkan para sahabat yang ditugaskan khalifah Abu Bakar untuk menyadarkan kaum murtad
• Menjelaskan alasan-alasan kaum ingkar zakat tidak mau menunaikan kewajiban berzakat
• Menjelaskan langkah-langkah khalifah Abu Bakar dalam menyadarkan kaum ingkar zakat
• Menjelaskan latar belakang khalifah Abu Bakar melakukan pembukuan al-Qur’an
• Melaporkan hasil pembukuan al-Qur’an yang dilakukan oleh khalifah Abu Bakar
• Menjelaskan latarbelakang perintisan dakwah Islam di Persia dan Syiria
• Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Persia
• Menceritakan pelaksanaan dakwah Islam ke Syiria
Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance

Tes tulis
Performance



Tes tulis
Performance






Tes tulis
Performance Jawaban Singkat



Jawaban singkat



Uraian
5. Sebutkan nama ayah dan ibu Abu Bakar .................?
6. Sebutkan asal suku/ klan/ bani Abu Bakar............?
7. Tentukan pertemuan nasab Abu Bakar dengan Nabi Muhammad Saw.......?
8. Sebutkan karakter sifat Abu Bakar yang menonjol..........?


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100





......... , ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.
























RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah ...................
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar : 1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Abu Bakar As- Siddiq
Tujuan Pembelajaran : • Siswa dapat meneladani Abu Bakar
Materi ajar : Nilai-nilai keteguhan memegang amanah dan selalu berusyawarah
Alokasi waktu : 5 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah dalam segala hal
• Membiasakan meneladani Abu Bakar yang selalu bermusyawarah dalam setiap mengambil keputusan penting
Performance

Performance
Jawaban Singkat

Jawaban singkat


1. Tunjukkan sikap/ perilaku keteguhan memegang amanah dalam segala hal............?


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

Semarang, ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................








RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah ...................
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
Kompetensi Dasar : 2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khottob dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
Materi ajar : • Silsilah Umar bin Khottob
• Kepribadian Umar bin Khottob
• Perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam
Alokasi waktu : 5 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran

b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menyebutkan nama ayah dan ibu Umar bin Khottob
• Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Umar bin Khottob
• Menentukan pertemuan nasab Umar bin Khottob dengan Nabi Muhammad Saw
• Menyebutkan karakter sifat Umar bin Khottob
• Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Umar bin Khottob
• Menjelaskan kedudukan Umar bin Khottob dalam masyarakat kafir Quraisy
• Menceritakan kisah masuk Islamnya Umar bin Khottob
• Menceritakan perjuangan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, yaitu menjadi pembela nabi/ pembela kaum yang tertindas
• Menunjukkan sikap/ perilaku membela aqidah Islam dengan berani dan tegas

Tes Tulis
Produk









Tes Tulis Jawaban singkat










Uraian 1. Sebutkan karakter sifat Umar bin Khottob
2. Sebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Umar bin Khottob
3. Jelaskan kedudukan Umar bin Khottob dalam masyarakat kafir Quraisy
4. Ceritakan kisah masuk Islamnya Umar bin Khottob
5. Ceritakan perjuangan Umar bin Khattab setelah masuk Islam, yaitu menjadi pembela nabi/ pembela kaum yang tertindas
6. Tunjukkan sikap/ perilaku membela aqidah Islam dengan berani dan tegas

 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100



......... , ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.











RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah ...................
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
Kompetensi Dasar : 2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Umar bin Khottob.
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Umar bin Khottob
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
Materi ajar : • Silsilah Umar bin Khottob
• Kepribadian Umar bin Khottob
• Perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam
Alokasi waktu : 10 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menjelaskan latar belakang dibentuknya lembaga negara
• Menyebutkan lembaga-lembaga Negara yang dibentuk khalifah Umar bin Khattab
• Menyebutkan fungsi-fungsi lembaga Negara yang dibentuk kholifah Umar bin Khottob
• Menjelaskan latar belakang ditetapkan kalender Islam
• Menjelaskan alasan-alasan hijrah nabi ke Yatsrib dijadikan sebagai dasar penghitungan kalender Islam
• Menyebutkan sahabat yang mengusulkan hijrah nabi ke Yatsrib ditetapkan sebagai awal penghitungan kalender Islam
• Menceritakan kepedulian khalifah Umar bin Khottob kepada rakyatnya
• Menjelaskan sikap khalifah Umar bin Khottob membela kaum lemah
• Menunjukkan sikap/ perilaku peduli terhadap sesama, terutama pada kaum lemah
• Memberi contoh ketegasan Umar dalam berdakwah
• Memberi contoh keberanian khalifah Umar dalam memberantas kebatilan terhadap siapapun
• Menunjukkan sikap/ perilaku keberanian menyampaikan hal yang benar sekalipun terasa pahit/ menyedihkan
• Menyebutkan nama-nama sahabat yang yang ditugaskan berdakwah di Persia
• Menceritakan peristiwa terjadinya Fathul Futuh (kemenangan terbesar) dalam berdakwah di Persia
• Meneladani sifat keberanian khalifah Umar bin Khottob dalam memberantas kebatilan
• Menunjukkan sikap/ perilaku sederhana (wara’) dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis
Performance









Tes tulis
Performan-ce







Tes tulis
Performan-ce






Tes tulis
Performan-ce



Tes tulis
Performan-ce

Performan-ce



Jawaban singkat










Uraian 1. Tunjukkan sikap/ perilaku peduli terhadap sesama, terutama pada kaum lemah........!
2. Berikan contoh ketegasan Umar dalam berdakwah ..........?
3. Berikan contoh keberanian khalifah Umar dalam memberantas kebatilan terhadap siapapun.......?
4. Tunjukkan sikap/ perilaku keberanian menyampaikan hal yang benar sekalipun terasa pahit/ menyedihkan.......?
5. Sebutkan nama-nama sahabat yang yang ditugaskan berdakwah di Persia........?


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100



......... , ...............................


Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.







RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah ...................
Kelas / Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
Standar Kompetensi : 3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan
Kompetensi Dasar : 3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kholifah Utsman bin Affan.
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekholifahan Utsman bin Affan
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mengenal sejarah khalifah Umar bin Khottob
Materi ajar : • Silsilah Umar bin Khottob
• Kepribadian Umar bin Khottob
• Perjuangan Umar bin Khottob dalam dakwah Islam
Alokasi waktu : 15 x35 menit
Matode Pembelajaran : 1. Metode ceramah
2. Metode diskusi
3. Metode tanya jawab
4. Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
o Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


b. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2). Elaborasi
o Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

3) Konfirmasi
o Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
• Menyebutkan nama ayah dan ibu Utsman bin Affan
• Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Utsman bin Affan
• Menentukan pertemuan nasab Utsman bin Affan dengan Nabi Muhammad Saw
• Menyebutkan karakter sifat Utsman bin Affan
• Menyebutkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Utsman bin Affan
• Menjelaskan kedudukan Utsman bin Affan dalam masyarakat kafir Quraisy
• Menceritakan Utsman bin Affan menerima Islam
• Menceritakan penderitaan Utsman disiksa pamannya (Hakam bin Ash) mempertahankan aqidah Islam
• Menceritakan pengorbanan Utsman bin Affan dalam dakwah Islam


• Menceritakan kedermawanan Utsman bin Affan dalam mendukung dakwah Islam
• Menyebutkan contoh-contoh kedermawanan
• Menjelaskan latar belakang dibentuknya armada laut Islam
• Menyebutkan sahabat yang mengusulkan pembentukan armada laut Islam
• Menjelaskan latar belakang dakwah Islam di Eropa (Pulau Cyprus)
• Menceritakan pelaksanaan dakwah di Eropa (Pulau Cyprus)
• Menjelaskan kebijakan khalifah Utsman bin Affan dalam membangun gedung peradilan
• Menyebutkan nama-nama sahabat yang bertindak sebagai mufti (hakim)
• Menjelaskan latar belakang dilakukan penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
• Menyebutkan para sahabat yang berperan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an
• Melaporkan hasil kerja panitia penyempurnaan dan penggandaan mushaf al-Qur’an dan pendistribusiannya ke kota-kota besar

• Meneladani sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari
• Menunjukkan sikap/ berlaku derma dalam berbagai bentuk/ keadaan
Tes tulis
Produk









Tes Tulis








Tes Tulis
Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performan-ce





Tes tulis
Performance


Tes tulis
Performance




Tes tulis
Performance





Performan-ce


Jawaban singkat










Uraian 1. Jelaskan latar belakang dilakukan penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an...........?
2. Sebutkan para sahabat yang berperan dalam penyempurnaan/ penggandaan mushaf al-Qur’an..........?
3. Laporkan hasil kerja panitia penyempurnaan dan penggandaan mushaf al-Qur’an dan pendistribusiannya ke kota-kota besar.......?
4. Meneladani sifat kedermawanan khalifah Utsman bin Affan dalam kehidupan sehari-hari.....!
5. Tunjukkan sikap/ berlaku derma dalam berbagai bentuk/ keadaan........?


 Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor

Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 Tertulis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100



......... , ...............................
Mengetahui Guru bidang studi SKI
Kepala Madrasah



...................................... .....................................
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar