Kamis, 27 Januari 2011

RPP-SKi kls 5 sm 1

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI )
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS V SEMESTER 1

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1. Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
2. Standar Kompetensi : 1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
3. Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
5. Materi ajar :  Peristiwa Baiatul Aqobah I
 Peristiwa Baiatul Aqobah II
 Rencana jahat (makar) kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw
6. Alokasi waktu : 5 x35 menit
7. Matode Pembelajaran : a. Metode ceramah
b. Metode diskusi
c. Metode tanya jawab
d. Metode drill
8. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
 Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
 Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
 Secara bersama membaca materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib dan sub menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b. Kegiatan inti (50 menit)
1) Eksplorasi
 Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terbuat di buku paket siswa.
 Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
 Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2) Elaborasi
 Siswa membaca dan menulis peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terdapat di buku pegangan siswa
 Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang bagaimana peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
 Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
 Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
 Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
 Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
 Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
 Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
 Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
 Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
 Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

9. Sumber Belajar
1. SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
2. Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
3. Naskah bermain peran

10. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Menjelaskan latar belakang peristiwa Baiatul Aqobah I
 Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah I sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke Yatsrib
 Menceritakan peristiwa Baiatul Aqobah II sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke Yatsrib
 Menjelaskan faktor-faktor penduduk Yatsrib mudah menerima Islam
 Menjelaskan rencana jahat kaum kafir Quraisy di Darun Nadwah menjelang Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
 Menceritakan 10 pemuda pilihan kafir Quraisy mengepung rumah Nabi Muhammad Saw
 Menceritakan keberanian Ali bin Abu Tholib tidur di tempat tidur Nabi Muhammad Saw dan memakai selimutnya
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis
Jawaban singkat




Jawaban singkat
1. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah I ?
2. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah II
3. Jealskan rencana jahat (makar) kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw

 Lisan
 Pengamatan

a. Bentuk penilaian;
 Uraian

b. Instrumen dan skor penilaian
 Tes Pengamatan

Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 TerUlis


Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 1. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah I ?
2 2. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah II
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100

 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 1. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah I ? 50

2 2. Apakah yang melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah II 50
JUMLAH SKOR 100


Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi SKI




..........................................
NIP.

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1. Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
2. Standar Kompetensi : 1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
3. Kompetensi Dasar : 1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
5. Materi ajar :  Upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib
 Perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
6. Alokasi waktu : 5 x35 menit
7. Matode Pembelajaran : a. Metode ceramah
b. Metode diskusi
c. Metode tanya jawab
d. Metode drill
8. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
 Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
 Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
 Secara bersama membaca materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib dan sub menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b. Kegiatan inti (50 menit)
1) Eksplorasi
 Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terbuat di buku paket siswa.
 Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
 Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2) Elaborasi
 Siswa membaca dan menulis peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terdapat di buku pegangan siswa
 Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang bagaimana peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
 Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
 Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
 Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
 Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
 Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
 Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
 Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
 Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
 Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

9. Sumber Belajar
4. SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
5. Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
6. Naskah bermain peran

10. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Menjelaskan pertimbangan- petimbangan Nabi Muhammad Saw memilih Yatsrib sebagai obyek hijrah
 Menceritakan para sahabat dalam rombongan pertama yang hijrah ke Yatsrib
 Menyebutkan para sahabat yang berperan lansung dalam peristiwa hijrah
 Menceritakan perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
 Menjelaskan keadaan Nabi Muhammad Saw dan Abu Bakar bersembunyi di Goa Tsur
 Menceritakan tokoh kafir Quraisy (Suroqoh bin Malik) masuk Islam dalam perjalanan Nabi Muhammad Saw hijrah ke Yatsrib
 Menyebutkan kegiatan Nabi Muhammad Saw di Quba
 Menceritakan penyambutan penduduk Yatsrib akan datangnya Nabi Muhammad Saw

Tes tulis




performance









performance

Jawaban singkat



Jawaban singkat
1. Jelaskan upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib!

2. Jelaskan cerita perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib!

 Lisan
 Pengamatan

a. Bentuk penilaian;
 Uraian

b. Instrumen dan skor penilaian
 Tes Pengamatan

Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 TerUlis


Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 1. Jelaskan upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib!
2 2. Jelaskan cerita perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib!
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100

 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 3. Jelaskan upaya Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dalam persiapan hijrah ke Yatsrib! 50

2 4. Jelaskan cerita perjalanan hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib! 50
JUMLAH SKOR 100


Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi SKI




..........................................
NIP.

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1. Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
2. Standar Kompetensi : 1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
3. Kompetensi Dasar : 1.3 Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
5. Materi ajar :  Hikmah peristiwa hijrah Nabi Muham-mad Saw ke Yatsrib
6. Alokasi waktu : 5 x35 menit
7. Matode Pembelajaran : a. Metode ceramah
b. Metode diskusi
c. Metode tanya jawab
d. Metode drill
8. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
 Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
 Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
 Secara bersama membaca materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib dan sub menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b. Kegiatan inti (50 menit)
1) Eksplorasi
 Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terbuat di buku paket siswa.
 Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
 Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
4) Elaborasi
 Siswa membaca dan menulis peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib yang terdapat di buku pegangan siswa
 Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang bagaimana peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
 Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
5) Konfirmasi
 Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
 Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
 Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
 Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
 Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
 Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
 Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
 Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
 Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

9. Sumber Belajar
1. SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
2. Ensiklopedi Islam/ Sirah Nabawiyah (yang sesuai)
3. Naskah bermain peran

10. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Memilih sikap tentang nilai/ hikmah hijrah dalam kehidupan sehari-hari
 Menunjukkan perilaku hijrah dari hal yang kurang baik menuju ke hal yang lebih baik (prestasi)

Tes tulis


performance
Jawaban singkat


Jawaban singkat
1. Apa hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib?

 Lisan
 Pengamatan

a. Bentuk penilaian;
 Uraian

b. Instrumen dan skor penilaian
 Tes Pengamatan

Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 TerUlis


Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 1. Apa hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib?
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100

 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 1. Apa hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib? 50

2 50
JUMLAH SKOR 100




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi SKI




..........................................
NIP.

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1. Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
2. Standar Kompetensi : 2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
3. Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama dan pertahanan)
4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
5. Materi ajar :  Keadaan masyarakat Madinah sebelum Islam
 Upaya Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah
6. Alokasi waktu : 5 x35 menit
7. Matode Pembelajaran : a. Metode ceramah
b. Metode diskusi
c. Metode tanya jawab
d. Metode drill
8. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
 Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
 Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
 Secara bersama membaca materi keperwiraan Nabi Muhammad SAW dan sub menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b. Kegiatan inti (50 menit)
1) Eksplorasi
 Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi keperwiraan Nabi Muhammad SAW yang terbuat di buku paket siswa.
 Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
 Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
2) Elaborasi
 Siswa membaca dan menulis keperwiraan Nabi Muhammad SAW yang terdapat di buku pegangan siswa
 Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
 Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
 Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
 Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
 Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
 Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
 Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
 Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
 Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
 Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

9. Sumber Belajar
1. Siroh Nabawiyah (yang sesuai)
2. SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
3. Soal/ Materi Diskusi

10. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Menjelaskan keadaan social masyarakat Madinah sebelum Islam
 Menyebutkan keadaan ekonomi masyarakat Madinah sebelum Islam
 Menjelaskan keadaan agama masyarakat Madinah sebelum Islam
 Menyebutkan pertahanan masyarakat Madinah sebelum Islam
 Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina social masyarakat Madinah
 Menjelaskan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina perekonomian masyarakat Madinah
 Mendiskusikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pendidikan dan dakwah masyarakat Madinah
 Menjelaskan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad Saw dalam membina pertahanan dan keamanan masyarakat Madinah

Tes tulis







Tes tulis






Tes tulis

Jawaban singkat



Jawaban singkat
1. Bagaimanakah keadaan masyarakat Madinah sebelum Islam

2. Apa upaya Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah?

 Lisan
 Pengamatan
a. Bentuk penilaian;
 Uraian
b. Instrumen dan skor penilaian
 Tes Pengamatan

Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 TerUlis

Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 Bagaimanakah keadaan masyarakat Madinah sebelum Islam
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100

 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 Apa upaya Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah? 50

2 50
JUMLAH SKOR 100

Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi SKI




..........................................
NIP.

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

1. Identitas Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Jumlah Pertemuan : 3 kali
2. Standar Kompetensi : 2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
3. Kompetensi Dasar : 2.2 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad Saw dalam membina masyarakat Madinah
4. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
5. Materi ajar :  Keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir
6. Alokasi waktu : 5 x35 menit
7. Matode Pembelajaran : a. Metode ceramah
b. Metode diskusi
c. Metode tanya jawab
d. Metode drill
8. Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
a. Pendahuluan (10 menit)
 Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
 Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
 Secara bersama membaca materi keperwiraan Nabi Muhammad SAW dan sub menjelaskan keperwiraan Nabi Muhammad SAW
 Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
b. Kegiatan inti (50 menit)
1) Eksplorasi
 Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan materi keperwiraan Nabi Muhammad SAW yang terbuat di buku paket siswa.
 Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
 Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
2) Elaborasi
 Siswa membaca dan menulis keperwiraan Nabi Muhammad SAW yang terdapat di buku pegangan siswa
 Guru menugaskan seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
 Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
 Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
 Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
 Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang keperwiraan Nabi Muhammad SAW.
 Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
 Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
 Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
 Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
 Guru menginformasikan bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang memahami materi .
 Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

9. Sumber Belajar
1. Siroh Nabawiyah (yang sesuai)
2. SKI 3 untuk kelas 5 :Tim Guru MI (Tiga Serangkai)
3. Soal/ Materi Diskusi

10. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

 Menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir dalam perang Badar
 Mengambil hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam perang Badar
 Menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gang-guan kafir dalam perang Uhud
 Mengambil hikmah dari peristiwa kegagalan umat Islam dalam perang Uhud
 Menceriterakan keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir dalam perang Khandaq
 Mengambil hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam dalam perang Khandaq

Tes tulis











Performance



Jawaban singkat











Jawaban singkat
1. Jelaskan tentang keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir dalam perang Badar!

2. Apa hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam perang Badar?

3. Apa hikmah dari peristiwa kegagalan umat Islam dalam perang Uhud?


 Lisan
 Pengamatan

a. Bentuk penilaian;
 Uraian

b. Instrumen dan skor penilaian
 Tes Pengamatan

Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No N A M A Keaktifan Ketepatan Kerjasama skor
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4


Jumlah Skor
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang

 Tes Hasil belajar
 TerUlis


Pertemuan 1
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 Jelaskan tentang keperwiraan Nabi Muhammad saw menghadapi gangguan kafir dalam perang Badar!
2
3
4
5
Jumlah skor maksimum 100

 Tes lisan
No Butir-butir soal Kunci Jawaban SKOR
1 Apa hikmah dari peristiwa kemenangan umat Islam dalam perang Badar? 50

2 50
JUMLAH SKOR 100


Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP. .............. , ...............................
Guru bidang studi SKI




..........................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini