Kamis, 04 November 2010

Instrumen Akreditasi 2010 MI Mif 01

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI
PENDUKUNG AKREDITASI SD/MI


Nama Sekolah/Madrasah : MI MIFTAHUL ULUM 0
Nomor Statistik Sekolah/Madrasah (SSN/M) : 111233740050
Nama Kepala Sekolah/Madrasah :Istolik Makmun S.Ag.
Alamat Sekolah/Madrasah : Jl. Attaqwa N0.01
Kel. Rowosari
Kec. Tembalang Kota Semarang

I. STANDAR ISI
1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP (Isi menurut apa yang terjadi di sekolah/madrasah saudara).

No Komponen muatan KTSP
1 Mata Pelajaran:
1. Al Qur’an Hadits
2. Akidah Akhlak
3. Fiqih
4. SKI
5. Pendidikan Kewarganegaraan
6. Bahasa Indonesia
7. Bahasa Arab
8. Matematika
9. Ilmu Pengetahuan Alam
10. Ilmu Pengetahuan Sosial
2 Mata pelajaran muatan lokal:
1. Bahasa Jawa
2. Bahasa Inggris
3. TIK
4. Baca Tulis Al qur’an (BTA)
3 Kegiatan pengembangan diri:
1. Pramuka
2. Marching Band
3. Komputer
4. Olah Raga
5. Pidato
6. Kaligrfi
7. seni baca alqu’an
4 Pengaturan beban belajar *
5 Ketuntasan belajar:**
1. Al Qur’an Hadits KKM= 60
2. Akidah Akhlak KKM= 60
3. Fiqih KKM= 60
4. SKI KKM= 50
5. PKn KKM= 60
6. Bahasa Indonesia KKM= 60
7. Bahasa Arab KKM= 50
8. Matematika KKM= 50
9. IPA KKM= 60
10. IPS KKM= 60
11. Bahasa Jawa KKM= 60
12. Bahasa Inggris KKM= 50
13. Penjasorkes KKM= 60
14. SBK KKM= 70
15. TIK KKM=60
6 Kriteria Kenaikan kelas:***
1. Nilai semua mata pelajaran > KKM masing-masing mata pelajaran
2. Naik bersyarat apabila ada paling banyak 4 mapel bernilai di bawah KKM
3. Tidak naik kelas bila memiliki nilai di bawah KKM lebih dari 4 mapel atau memiliki nilai < 50
Kriteria Kelulusan:
1. Nilai semua mata pelajaran > KKM
2. Nilai UASBN > SKL
3. Nilai UAMBN tertulis dan praktek minimal 6,00
7 Pendidikan kecakapan hidup:
1. Berkomoniksi dengan pengajar ,orang tua dan masyarakat
2. Ketrampilan berkarya
8 Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dalam bentuk : Seni dan Olah Raga
Keterangan * Lampirkan Kalender akademik dan jadwal pelajaran
** Isi dengan singkatan mata pelajaran dan KKM
*** Lampirkan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan


2. Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum.

No Pihak-pihak yang terlibat
1 Kepala Madrasah
2 Guru
3 Komite Sekolah/madrasah atau penyelenggaraan lembaga pendidikan


3. Prinsip pengembangan KTSP sekolah/madrasah.

No Prinsip pengembangan KTSP
1 Berpusat pada potensi, perkembangan dan kepentingan siswa dan lingkungan
2 Beragam hdan terpadu
3 Tanggap terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
4 Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5 Menyeluruh dan berkesinambungan
6 Belajar sepanjang hayat
7 Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah





4. Mekanisme yang dilalui dalam penyusunan KTSP.

No Mekanisme yang dilalui
1 Melibatkan tim penyusun (guru, konselor, Kepala Madrasah, Komite Madrasah)
2 Dilakukan melalui Workshop
3 Kegiatan reviuw dan revisi
4 Menghadirkan narasumber
5 Finalisasi KTSP
6 Pemantapan dan penilaian
7 Pendokumentasian hasil penyausnan kurikulum

5. Prinsip pelaksanaan KTSP.

No Prinsip pelaksanaan KTSP
1 Siswa dapat layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya
2 Menegakkan 5 pilar belajar
3 Siswa mendapat layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan
4 Hubungan siswa dan guru yang harmonis
5 Menggunakan pendekatan multi strategi dan multimedia
6 Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya

6. Mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan sekolah/madrasah.
a. Bahasa Jawa
b. Bahasa Inggris
c. TIK
d. Baca Tulis Al Qur’an (BTA)

Pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan mata pelajaran muatan lokal.

No Pihak-pihak yang terlibat
1 Kepala Madrasah
2 Guru
3 Komite Madrasah
4 Dinas Pendidikan Kota dan Kementrian Agama
5 Instansi terkait di daerah

7. Jenis-jenis kegiatan konseling yang dilakukan sekolah/madrasah.
a. Konseling belajar
b. Konseling pribadi
c. Konseling sosial
d. Konseling karir
8. Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan sekolah/madrasah.
a. Pramuka
b. Marching Band
c. Komputer
d. Tari Daerah
e. Rebana

9. Kesesuaian antara indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi.

No Mata Pelajaran Tingkat Kesesuainan
Sangat Sesuai Sesuai Kurang Sesuai Sangat Tidak Sesuai
1 Al Qur’an Hadits √
2 Aqidah Akhlak √
3 Fiqih √
4 SKI √
5 Bahasa Arab √
6 PKn √
7 Bahasa Indonesia √
8 Matematika √
9 IPA √
10 IPS √

10. Beban belajar yang ditetapkan oleh sekolah/madrasah

No Pembelajaran Jumlah
1 1 jam tatap muka kelas 1 s.d. 3 35 Menit
2 1 jam tatap muka kelas 4 s.d. 6 35 Menit
3 Jumlah jam pembelajaran per minggu kelas 1 s.d. 3 24-42 Jam
4 Jumlah jam pembelajaran per minggu Kelas 4 s.d. 6 42-48 Jam
5 Jumlah minggu efektif per tahun 34-39 Minggu

11. ---

12. ---








13. Dokumen pengembangan silabus (Isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan pengembangan silabus).
No. Langkah pengembangan silabus Ketersediaan Dokumen*
Ada Tidak
1 Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar (pemetaan) √
2 Mengidentifikasi materi pokok/ pembelajaran √
3 Mengembangkan kegiatan pembelajaran √
4 Merumuskan indikator pencapaian kompetensi √
5 Menentukan jenis penilaian √
6 Menentukan alokasi waktu √
7 Menentukan sumber belajar √
*) isilah dengan memberi tanda (√) pada kolom “ada” atau “tidak”.

14. Mata pelajaran yang memiliki silabus pelajaran yang disiapkan oleh guru mata pelajaran.
No Mata Pelajaran Kelas
1 Al Qur’an Hadits 1-6
2 Aqidah Akhlak 1-6
3 Fiqih 1-6
4 SKI 1-6
5 Bahasa Arab 1-6
6 PKn 1-6
7 Bahasa Indonesia 1-6
8 Matematika 1-6
9 IPA 1-6
10 IPS 1-6
11 Bahasa Jawa 1-6
12 Bahasa Inggris 1-6
13 Penjasorkes 1-6
14 SBK 3-6
15 TIK 1-6

15. ---











16. KKM mata Pelajaran.
No Mata Pelajaran Nilai KKM (1-100)
1 Al Qur’an Hadits 60
2 Aqidah Akhlak 65
3 Fiqih 65
4 SKI 60
5 Bahasa Arab 60
6 PKn 65
7 Bahasa Indonesia 65
8 Matematika 60
9 IPA 60
10 IPS 65
11 Bahasa Jawa 60
12 Bahasa Inggris 60
13 Penjasorkes 70
14 SBK 70
15 TIK 60

17. Aspek yang diperhatikan dalam penentuan KKM.
No Aspek yang Diperhatikan Ya Tidak
1 Karakteristik siswa √
2 Karakteristik mata pelajaran √
3 Kondisi sekolah/madrasah √
*) isilah dengan memberi tanda (√) pada kolom “ya” atau “tidak”.

18. Komponen kalender akademik sekolah/madrasah.
No Komponen Ketersediaan *
Ada Tidak
1 Jadwal awal tahun pelajaran √
2 Minggu efektif √
3 Pembelajaran efektif √
4 Hari libur √
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Ketersediaan”












II. STANDAR PROSES
19. Mata pelajaran yang memiliki RPP dengan lengkap.
No. Mata pelajaran
1 Al Qur’an Hadits
2 Aqidah Akhlak
3 Fiqih
4 SKI
5 Bahasa Arab
6 PKn
7 Bahasa Indonesia
8 Matematika
9 IPA
10 IPS






20. Mata pelajaran yang RPP-nya telah memenuhi 6 prinsip penyusunan RPP.
No. Mata pelajaran
1 Al Qur’an Hadits
2 Aqidah Akhlak
3 Fiqih
4 SKI
5 Bahasa Arab
6 PKn
7 Bahasa Indonesia
8 Matematika
9 IPA
10 IPS
11
12
13
14
15

21. Persyaratan proses pembelajaran.
No Persyaratan proses pembelajaran
1 Jumlah siswa tiap kelas = siswa
2 Jumlah jam beban mengajar guru = 24 jam/minggu
3 Perbandingan jumlah buku teks : siswa = 1 : 1
4 Pengelolaan kelas yang dilakukan:
Menyesuaikan materi dan proses pembelajaran
22. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan.
No. Langkah-llangkah pembelajaran
1 Kegiatan awal
2 Kegiatan inti
3 Kegiatan akhir
4 Penugasan


23. ---

24. Pelaksanaan pembelajaran:
Kelas Pendekatan
Tematik Mata pelajaran Lain-lain
I √
II √
III √
IV √
V √
VI √

25. Pemantauan proses pembelajaran.
No Tgl. Pemantauan Nama Guru yang dipantau Tahab yang dilakukan
1
2
3
4
5






26. Supervisi proses pembelajaran.
No. Tgl. Supervisi Nama Guru yang disupervisi Cara yang dilakukan
1
2
3
4
5






27. Evaluasi proses pembelajaran.
No. Tgl. Evaluasi Nama Guru yang dievaluasi Aspek yang dilakukan
1
2
3
4
5






28. Pelaporan pengawasan proses pembelajaran.
No. Tgl. Pelaporan Pihak yang dilaporkan Keterangan
1
2
3
4
5

29. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran.
No. Hasil Pengawasan Bentuk Tindaklanjut
1
2
3
4
5













III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

30. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
No Mata Pelajaran Iptek Kelas KKM
1 Matematika 4-6 6,10
2 IPA 4-6 6,00



Rata-rata 6,05

31. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan pengalaman menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
No Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Belajar mengamati metamorfosis pada hewan 28 siswa
2 Belajar mengamati cahaya merambat lurus 26 siswa




32. Kegiatan untuk memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar.
No Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Membuktikan adanya karbohidrat, lemak pada makanan 28 siswa
2 Perawatan dan pemeliharaan lingkungan sekitar 60 siswa
3 Menyebutkan bagian tubuh manusia dan manfaatnya 25 siswa



33. Penggunaan berbagai fasilitas oleh siswa.
No. Jenis Fasilitas Ketersediaan* Jumlah Siswa yang Terlibat
Ada Tidak
1 Bahan ajar √
2 Buku teks √
3 Perpustakaan √
4 Laboratorium √
5 Internet
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Ketersediaan”

34. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan kegemaran membaca dan menulis.

No Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Kunjungan Perpustakaan 120 siswa
2 Meresum buku bacaan di perpustakaan 60 siswa
3 Membuat puisi 60 siswa
4
5


35. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.

No Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Menanam Bunga 60 siswa
2 Membersihkan lingkungan sekitar 120 siswa
3 Membuang sampah pada tempatnya 120 siswa




36. Kegiatan seni budaya lokal.

No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Marching Band 50 Siswa
2 Seni Tari 50 siswa
3 Membuat Taplak Meja 50 siswa
4 Rebana 15 siswa
5 Ketrampilan dari Bahan Bekas 30 siswa











37. Kegiatan siswa untuk mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.

No Jenis Kegiatan Waktu Pelaksanaan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Doa/Istighosah bersama di halaman sekolah 07.00-08.30 230 sisiwa
2 Pemeriksaan seragam 06.45-07.00 281 siswa
3 Absen 08.30-08.45 281 siswa



38. Kegiatan belajar siswa yang menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia.

No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Upacara 281 siswa
2 Peringatan hari-hari besar Nasional 281 siswa
3 Peringatan hari-hari besar agama 281 siswa
4 Karnaval 150 siswa


39. Kegiatan belajar siswa yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Kegiatan 5K 281 siswa
2 Pembiasaan cuci tangan 281 siswa
3 Praktek gosok gigi yang benar 50 siswa
4 Senam bersama 150 siswa
5

40. Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Pembiasaan memberi salam 281 siswa
2 Pembiasaan membaca do’a 281 siswa
3 Pembiasaan membaca Asmaul Husna 281 siswa
4 Pembiasaan membaca surat pendek dalalm Al Qur’an 281 siswa
5 Pembiasaan beribadah tepat waktu 281 siswa


41. Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitar.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Peringatan HUT RI 281 siswa
2 Peringatan hari Kartini 281 siswa
3 Peringatan hari besar keagamaan 281 siswa
4 Upacara peringatan hari Pendidikan nasional 281 siswa


42. Kegiatan belajar siswa memperoleh pengalaman bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Diskusi 110 siswa
2 Tugas kelompok 110 siswa
3
4
5

43. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Mengamati pertumbuhan tanaman 50 siswa
2 Mengamati perubahan benda 50 siswa




44. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
No. Jenis Kegiatan Jumlah Siswa yang Mengikuti
1 Menulis cerita 30 siswa
2 Pidato 20 siswa





45. Kegiatan terkait dengan kemampuan memperoleh keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
No Nama Kegiatan Ketersediaan dokumen* Jumlah Siswa yang Mengikuti
Ada Tidak
1 Lomba pidato √ 10 siswa
2 Lomba cerita √ 15 siswa
3 Lomba matematika √ 5 siswa



46. Rata-rata hasil UASBN :…………….


































IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

47. Jumlah guru yang dimiliki sekolah/madrasah dan kualifikasinya.
Jumlah guru: 22 orang.
Jumlah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik: 17 orang.
Kualifikasi:
No Tingkat Pendidikan Jumlah dan status guru Jumlah
GT*/PNS GTT**/Guru Bantu
L P L P
1 S3/S2
2 S1 2 4 9 15
3 D4
4 D3/Sarjana muda
5 D2 1 1 2
6 D1
7 ≤ SMA sederajat 3 2 5
Jumlah 3 8 11 22
Keterangan: * GT = Guru tetap (bagi sekolah/madrasah swasta)
** GTT = Guru tidak tetap (baik sekolah/madrasah negeri atau
swasta)

48. Jumlah guru yang mengajar memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
No Guru Mata Pelajaran Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan mata
Pelajaran yang diajarkan Jumlah
D1/ D2 D3/ Sarmud S1/ D4 S2/S3 D1/ D2 D3/ Sarmud S1/ D4 S2/S3
1 Pendidikan
Agama 6 6
2 Pendidikan
Jasmani 1 1 2
3 Kesenian 2 2

49. ---
50. ---
51. –
52. –
53. –
54. –
55. –
56. –
57. –
58. –
59. –
60. –
61. Jumlah tenaga administrasi: 1 orang.
No. Tingkat Pendidikan Jumlah
1 S1
2 Diploma
3 SMA/sederajad 1
4 SMP
5 SD
Jumlah 1

62. ---

63. Jumlah tenaga Perpusatakaan: 1 orang.
No. Tingkat Pendidikan Jumlah
1 S1
2 Diploma
3 SMA/sederajad 1
4 SMP
5 SD
Jumlah 1

64. ---

65. Jumlah tenaga layanan khusus: 2 orang.
No. Tingkat Pendidikan Jumlah
1 S1
2 Diploma 1
3 SMA/sederajad
4 SMP
5 SD 1
Jumlah 2












V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

66. Luas lahan sekolah/madrasah: .......................m2.
67. ---
68. ---
69. ---
70. Luas lantai sekolah/madrasah: .......................m2
71. ---
72. Sanitasi di dalam dan luar bangunan.
No Jenis Sanitasi Ketersediaan*
Ada Tidak
1 Sumur √
2 Saluran air hujan √
3 Tempat sampah √
4 Saluran air kotor atau air limbah √

Keterangan: * Isilah dengan ketersediaan jenis sanitasi
73. ---
74. Daya instalasi listrik yang dimiliki sekolah/madrasah: 900 watt.
75. ---
76. ---
77. ---
78. ---
79. Sekolah/Madrasah memiliki perpustakaan dengan koleksi buku sebagai berikut.
No Jenis Jumlah Kondisi*
Baik Rusak
1 Buku siswa / pelajaran (semua mata pelajaran)
2 Buku panduan guru
3 Buku pengayaan
4 Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb).
5 Lainnya:.....................................

Total
Keterangan: * Isilah dengan kondisi buku yang tersedia di perpustakaan

80. Sekolah/Madrasah memiliki buku teks yang telah ditetapkan dengan Permendiknas.
No Buku Mata Pelajaran Kelas Jumlah Kondisi*
Baik Rusak
1
2
3
4
5
Total
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “baik” atau “rusak”
81. ---
82. Jenis peralatan Laboratorium IPA sebagai berikut.
No Jenis Rasio Kondisi*
Baik Rusak
1 Perabot
1.1 Lemari 1 buah/sekolah √
2 Peralatan Pendidikan
2.1 Model kerangka manusia 1 buah/sekolah √
2.2 Model tubuh manusia 1 buah/sekolah √
2.3 Globe 1 buah/sekolah √
2.4 Model tata surya 1 buah/sekolah √
2.5 Kaca pembesar 6 buah/sekolah √
2.6 Cermin datar 6 buah/sekolah √
2.7 Cermin cekung 6 buah/sekolah √
2.8 Cermin cembung 6 buah/sekolah √
2.9 Lensa datar 6 buah/sekolah √
2.10 Lensa cekung 6 buah/sekolah √
2.11 Lensa cembung 6 buah/sekolah √
2.12 Magnet batang 6 buah/sekolah √
2.13 Poster IPA, terdiri dari:
a) metamorfosis,
b) hewan langka,
c) hewandilindungi,
d) tanaman khas Indonesia,
e) contoh ekosistem,
f) sistem-sistem pernapasan hewan
1 set/sekolah √
Keterangan: * Isilah dengan jumlah dan kondisi perabot/peralatan yang tersedia di laboratorium
83. ---
84. ---
85. ---
86. ---
87. ---
88. Luas gudang adalah: .............m2.
No Jenis Rasio Kondisi*
Baik Rusak
1 Lemari 1 Buah √
2 Rak 1 Buah √

89. ---
90. ---
































VI. STANDAR PENGELOLAAN

91. ---
92. ---
93. ---
94. a) Rencana kerja jangka menengah (empat tahunan), dibuat dari tahun
2006 sampai tahun 2010
b) Rencana kerja tahunan yang dimiliki.
• Tahun 2006 / 2007
• Tahun 2007 / 2008
• Tahun 2008 / 2009
• Tahun 2009 / 2010

95. Kepemilikan dokumen aspek pengelolaan pendidikan.
No Jenis dokumen pengelolaan pendidikan Ada Tidak
1 KTSP √
2 Kalender pendidikan/akademik √
3 Struktur organisasi sekolah/madrasah √
4 Pendayagunaan pendidik & tenaga kependidikan √
5 Peraturan akademik √
6 Tata tertib sekolah/madrasah √
7 Kode etik sekolah/madrasah √
8 Biaya operasi sekolah/madrasah √

Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”

96. Kepemilikan struktur organisasi sekolah/madrasah.
Uraikan isi struktur organisasi sekolah/madrasah dan penjelasan singkat



97. Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan.
No Dokumen pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah yang dimiliki
1 PPD
2 Semester
3 Notulen rapat
4 Kegiatan akhir tahun



98. Jenis kegiatan kesiswaan yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) Memberikan layanan konseling
b) Melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler
c) ...
d) ...
e) ...
99. Jenis kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran:
a) KTSP
b) Kelender Pendidikan
c) Program pembelajaran
d) Penilaian hasil belajar siswa
e) Peraturan akademik
Kepemilikan dokumen kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
No Jenis dokumen pengelolaan pendidikan Ada Tidak
1 KTSP √
2 Kalender pendidikan √
3 Program pembelajaran √
4 Penilaian hasil belajar siswa √
5 Peraturan akademik √

100. Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
No Jenis program pendayagunaan Dilakukan Tidak Dilakukan
1 Pembagian tugas √
2 Penentuan sistem penghargaan √
3 Pengembangan profesi √
4 Promosi dan penempatan √
5 Mutasi √
Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”




101. Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.
No Jenis program sarana dan prasarana Dilakukan Tidak Dilakukan
1 Perencanaan, pemenuhan, dan pendayagunaan
sarpras pendidikan √
2 Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung proses pendidikan √
3 Perlengkapan fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas √
4 Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan √
5 Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan pendidikan √
Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”

102. Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan pendidikan.
No Jenis program keuangan dan pembiayaan Dilakukan Tidak Dilakukan
1 Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola √
2 Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan √
3 Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran √
4 Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite sekolah/madrasah dan institusi di atasnya √

103. Bentuk penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) Pelaksanaan tata tertip di Madrasah
b) Pembiasaan mengucapkan salam dan berjabatan tangan
c) Pembiasaan berbaris di depan kelas sebelum masuk kelas
d) Pembiasaan berdo’a, membaca Asmaul Husna, membaca bacaan sholat, dan membaca surat pendek

104. Bentuk keterlibatan masyarakat dalam membangun kemitraan dengan lembaga lain yang dilakukan sekolah/madrasah.
a) Penyusunan program kegiatan madrasah
b) Pelaksanaan program kegiatan
c) ...
d) ...
105. Bentuk sosialisasi program pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
a) Pemantauan
b) Supervisi
c) Evaluasi
d) Pelaporan
e) Tindak lanjut
Kepemilikan dokumen program pengawasan.
No Jenis dokumen program pengawasan Ada Tidak
1 Pemantauan √
2 Supervisi √
3 Evaluasi √
4 Pelaporan √
5 Tindak lanjut √
Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”

106. Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja sekolah/madrasah.
No Jenis kegiatan evaluasi diri
1 Evaluasi proses pembelajajran secara periodik
2 Evaluasi program taunan secara periodik
3
4
5
6
7

107. Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
No Jenis kegiatan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
1 Kesesuaian penugasan dengan keahlian
2 Keseimbangan beban kerja
3 Kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas
4 Pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan
5

108. Persiapan bahan dan/atau kebutuhan akreditasi yang disiapkan sekolah/madrasah.
No Bahan dan/atau kebutuhan akreditasi
1 Dokumen yang diperlukan untuk mendukung akreditasi
2 Porsenal (tim pelaksanaan persiapan akreditasi)
3 Bukti fisik tiap dokumen
4 Sarana dan prasarana yang dibuktikan untuk akreditasi
5


109. Keberadaan kepala sekolah/madrasah.
No Pelaksanaan Tupoksi Bidang*
1 Menjabarkan visi ke dalam misi terget mutu Akademik
2 Merumuskan tujuan dan target mutu yang dicapai
3 Menganalisis tantangan peluang kekuatan dan kelemahan madrasah
4 Membuat rencana kerja tahunan
5 Bertanggung jawab dalam membuat keputusan anggaran madrasah
6 Melibatkan guru, komite madrasah dalam pengambilan keputusan
7 Menjaga dan meningkatkan motifasi kerja pendidik
8 Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif
9 Bertanggung jawab atas pecencanaan kurikulum
10 Merumuskan dan Melaksanakan program supervisi
11 Meningkatkan mutu pendidikan
12 Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga
13 Memfasilitasi pengembangan penyebar luasan
14 Membantu membina dan mempertahankan lingkungan madrasah
15 Menjamin managemen organisasi dan pengoperasian sumber daya madrasah
16 Menjalin kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan komite
*) Contoh: bidang akademik, sarana dan prasarana, kesiswaan, dll.

110. Sistem informasi manajemen (SIM) untuk mendukung administArasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas khusus.
No Jenis Kegiatan SIM
1 Mengelola SIM yang memadahi untuk mendukung administrasi pendidikan
2 Menyediakan fasilitas informasi yang efisien
3 Menugaskan seorang guru untuk melayani permintaan info dari masyarakat
4 Melaporkan data informasi madrasah yang telah terdokumentasikan pada dinas pendidikan kota









VII. STANDAR PEMBIAYAAN

111. Anggaran pendapatan dan belanja sekolah/madrasah selama tiga tahun terakhir (dalam ribuan rupiah).
No Uraian Tahun
20... 20... 20...
PENDAPATAN
1 Anggaran pemerintah
• APBN
• APBD Provinsi
• APBD Kabupaten/Kota
• Sumber anggaran pemerintah lainnya
2 Dana masyarakat
• Biaya pendidikan siswa (SPP)
• Biaya pendaftaran
• Sumbangan orangtua siswa
• Sumber dana masyarakat lainnya
3 Donasi
• Yayasan
• Hibah (block grant)
• Sumber donasi lainnya
4 Pendapatan lain
• Penjualan hasil produksi
• Sumber pendapatan lainnya
TOTAL PENDAPATAN

PENGELUARAN
1 Langsung pada sekolah/madrasah
• Gaji dan tunjangan guru
• Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan
• Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
• Kegiatan pembelajaran
• Kegiatan kesiswaan
• Alat tulis sekolah/madrasah
• Bahan habis pakai
• Alat habis pakai
• Kegiatan rapat
• Transport dan perjalanan dinas
• Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
• Daya dan jasa
• Lainnya
2 Tidak langsung pada sekolah/madrasah
• Investasi untuk program sekolah/madrasah
• Lainnya
3 Pengeluaran lain
TOTAL PENGELUARAN

112. Biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.
No Jenis kegiatan pengembangan Jumlah (Rp)
1 Pelatihan
2 Diktat
3

113. Anggaran untuk kebutuhan pendidikan selama satu tahun terakhir.
No Alokasi Anggaran Jumlah (Rp)
1 Gaji dan tunjangan guru
2 Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan
3 Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
4 Kegiatan pembelajaran
5 Kegiatan kesiswaan
6 Alat tulis sekolah/madrasah
7 Bahan habis pakai
8 Alat habis pakai
9 Kegiatan rapat
10 Transport dan perjalanan dinas
11 Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
12 Daya dan jasa
13 Kegiatan operasi tidak langsung
14 Biaya kebutuhan pendidikan lainnya



114. Biaya operasi untuk guru pada tahun berjalan (dalam rupiah).
No Nama Jabatan* Gol.** Gaji pokok Insentif Tunjangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22

Jumlah
Total
Keterangan: * Jabatan diisi dengan:
1. Kepala sekolah/madrasah (Kasek/mad.),
2. Wakil kepala sekolah/madrasah (Wakasek/mad.),
3. Guru tetap (GT), dan
4. Guru tidak tetap (GTT).
** Hanya untuk pegawai negeri sipil (PNS)

115. Biaya operasi untuk tenaga kependidikan pada tahun berjalan (dalam rupiah).
No Nama Jabatan* Gol.** Gaji pokok Insentif Tunjangan
1 Nurul Hidayah TU
2 Totok PS/M
3
4
5
6
7
8
9
10
Jumlah
Total
Keterangan: * Jabatan diisi dengan:
1. Kepala tata usaha (Ka TU),
2. Tata usaha (TU),
3. Tenaga perpustakaan (TP),
4. Tenaga laboratorium (TL),
5. Penjaga sekolah/madrasah (PS/M),
6. Tukang kebun (TK),
7. Tenaga kebersihan (TB),
8. Pengemudi (Pm),
9. Pesuruh (Psh) dan sebagainya.
** Hanya untuk PNS
116. ---
117. ---
118. ---
119. ---
120. ---
121. ---
122. ---
123. ---
124. ---
125. Alokasi biaya operasi sekolah/madrasah di luar pendidik dan tenaga kependidikan.
No Jenis biaya pengeluaran Jumlah (Rp)
1 Kegiatan pembelajaran
2 Kegiatan kesiswaan
3 Alat tulis sekolah/madrasah
4 Bahan habis pakai
5 Alat habis pakai
6 Kegiatan rapat
7 Transport dan perjalanan dinas
8 Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
9 Daya dan jasa
10 Kegiatan operasi tidak langsung


126. ---

127. ---

128. Biaya pendaftaran ulang siswa setiap awal tahun.
No Kelas Besar biaya pendaftaran Jumlah (Rp)
1 Kelas 1—3
2 Kelas 4—6

129. Biaya subsidi silang meliputi: pengurangan dan pembebasan biaya pendidikan, pemberian bea siswa, dan bentuk biaya lainnya.
No Tahun Jumlah siswa layak terima Jumlah siswa penerima
1
2
3
4
Jumlah



130. Pungutan biaya personal di samping uang sekolah/madrasah.
No Jenis pungutan Jumlah (dalam rupiah) per tahun
1
2
3
4

131. Pengambilan keputusan untuk menarik atau tidak menarik biaya personal melibatkan berbagai pihak.
No Pihak yang dilibatkan dalam pembahasan
1
2
3


132. ---

133. Kepemilikan pedoman pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
No Kepemilikan Tahun Kepemilikan
20... 20... 20... 20...
1 Pedoman pengelolaan keuangan.
Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “20...”

134. Dilaksanakan pembukuan biaya operasi selama tiga tahun terakhir.
No Kepemilikan Tahun Kepemilikan
20... 20... 20...
1 Dilaksanakan Tahun kepemilikan
Keterangan: Berilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “20...”, jika dilaksanakan.

135. Pembuatan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
No Kepemilikan Tahun Kepemilikan
20... 20... 20... 20...
1 Laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
Keterangan: Isilah tanda ceklis (√) pada kolom jawaban “20...”, jika dilaksanakan.




VIII. STANDAR PENILAIAN

136. Sosialisasi rancangan dan kriteria penilaian.
No Nama Guru Mata pelajaran yang diajarkan Cara sosialisasi yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22 Umi Zulaikah, S.HI. Guru kelas


137. Silabus mata pelajaran.
No Silabus mata pelajaran Kesesuaian KD, Indikator, dan Teknik penilaian*
Sangat sesuai Sesuai Tidak sesuai
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Keterangan: * Isilah tanda ceklis (√) sesuai dengan “kualitas silabus”

138. Instrumen dan pedoman penilaian yang dikembangkan oleh guru.
No Nama guru Mata pelajaran yang diajarkan Instrumen dan pedomanpenilaian yang telah dibuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9


139. Teknik penilaian.
No Nama Guru Mata pelajaran Teknik penilaian yang digunakan*
Tes Pengamatan penugasan Porto folio lainnya
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (√) sesuai dengan “Teknik penilaian yang digunakan”

140. Pengolahan hasil penilaian.
No Nama guru Mata pelajaran Bentuk dari bukti pengolahan hasil penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
9


141. Daftar guru yang mengembalikan hasil pekerjaan siswa.
No Nama guru Mata pelajaran Jumlah hasil pekerjaan siswa yang dikembalikan
1
2
3
4
5
6
7
8
9


142. Daftar guru yang melaksanakan program remedial dan pengayaan.
No Nama guru Mata pelajaran Keterangan program remedial dan pengayaan yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9


143. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada akhir semester (yang baru selesai).
No Kategori Jumlah
1 Guru yang sudah melaporkan.
2 Guru yang belum melaporkan.
Jumlah

144. Pelaporan hasil penilaian akhlak siswa pada akhir semester (yang baru selesai), dari guru di luar guru agama.
No Kategori Jumlah
1 Guru yang sudah melaporkan.
2 Guru yang belum melaporkan.
Jumlah

145. Pelaporan hasil penilaian kepribadian pada akhir semester (yang baru selesai), dari guru di luar guru kewarganegaraan.
No Kategori Jumlah
1 Guru yang sudah melaporkan.
2 Guru yang belum melaporkan.
Jumlah

146. Koordinasi ulangan tengah, akhir semester, dan kanaikan kelas.
No Acara Tgl. Rapat Jml yang hadir Hasil putusan rapat
1 Koordinasi ulangan tengah, akhir semester, dan kanaikan kelas


147. Penentuan kriteria kenaikan kelas.
No Acara Tgl. Rapat Jml yang hadir Hasil putusan rapat
1 Penentuan kriteria kenaikan kelas

148. Penentuan Nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
No Acara Tgl. Rapat Jml yang hadir Hasil putusan rapat
1 Penentuan nilai kelompok mata pelajaran tsb. Di atas

149. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, iptek, estetika, serta jasmani, olahraga, dan kesehatan.
No Acara Tgl. Rapat Jml yang hadir Hasil putusan rapat
1 Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran tsb. Di atas

150. Laporan hasil penilaian setiap akhir semester kepada orang tua/wali siswa.
No Kegiatan pokok yang dilakukan
1
2
3
4
5


151. ---
152. ---
153. Nilai rata-rata kriteria kelulusan:..............
154. Nilai minimal mata pelajaran:……………….
155. Penerbitan dan penyerahan ijazah.
No Tgl. pengumuman hasil UN Tgl. Penyerahan SKHUASBN Selisih hari
1

156. .
No Tgl. blanko diterima Tgl. penyerahan Ijazah Selisih hari
1

157. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan siswa baru
No Hal-hal yang dipertimbangkan
1
2
3
4
5





Semarang, Juni 2010

Kepala Madrasah




Istolik Makmun.S.Ag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar