Kamis, 04 November 2010

RPP Bhs. Inggris kls 6 smt 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SD Pertemuan : ….

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Metode : Contextual Learning

Sekolah/Semester : VI (enam)/Semester I Alokasi Waktu : …x 1 jam pelajaran

Tema : My Heat Is Round

__________________________________________________________________________________________________________________

Standar Kompetensi:

1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

4. Menulis teks fungsionsl pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Kompetensi Dasar:

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk.

3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Indikator :

F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

F Siswa mampu bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk.

F Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

F Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

A. Tujuan Pembelajaran

F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.

B. Materi Pembelajaran

My Heat Is Round

C. Metode Pembelajaran

Contextual Learning

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.

Prasyarat : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang bentuk suatu benda.

II. Kegiatan

Guru : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.

Siswa : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang bentuk suatu bendai.

III. Penutup

Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang bentuk suatu benda.

E. Sumber Belajar

F Buku yang berhubungan dengan tema

F Kamus Bahasa Inggris

F Gambar dan media penunjang

F. Penilaian Hasil Belajar

1. Written Test

- Fill in the blanks!

- Answer the following questions!

2. Spoken Test

- Practise these dialogues!

- Complete the dialogues below, then practise them!

Mengetahui

Kepala SD Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________

NIP NIP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SD Pertemuan : ….

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Metode : Contextual Learning

Sekolah/Semester : VI (enam)/Semester I Alokasi Waktu : …x 1 jam pelajaran

Tema : What Time Is It?

__________________________________________________________________________________________________________________

Standar Kompetensi:

1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

4. Menulis teks fungsionsl pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Kompetensi Dasar:

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar dan memberi pendapat.

3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Indikator:

F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

F Siswa mampu bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komemtar dan memberi pendapat.

F Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

F Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

A. Tujuan Pembelajaran

F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan tema menyatakan waktu.

B. Materi Pembelajaran

What TIme Is It?

C. Metode Pembelajaran

Contextual Learning

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan waktu.

Prasyarat : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang waktu.

II. Kegiatan

Guru : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan waktu.

Siswa : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang waktu.

III. Penutup

Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang waktu.

E. Sumber Belajar

F Buku yang berhubungan dengan tema

F Kamus Bahasa Inggris

F Gambar dan media penunjang

F. Penilaian Hasil Belajar

1. Written Test

- Fill in the blanks!

- Answer the following questions!

2. Spoken Test

- Practise these dialogues!

- Complete the dialogues below, then practise them!

Mengetahui

Kepala SD Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SD Pertemuan : ….

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Metode : Contextual Learning

Sekolah/Semester : VI (enam)/Semester I Alokasi Waktu : … x 1 jam pelajaran

Tema : I Must See Dentist

__________________________________________________________________________________________________________________

Standar Kompetensi:

1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Kompetensi Dasar:

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur menanyakan keadaan.

3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Indikator:

F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

F Siswa mampu bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur menanyakan keadaan.

F Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

F Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

A. Tujuan Pembelajaran

F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan tema kesehatan dan rumah sakit.

B. Materi Pembelajaran

I Must See Dentist

C. Metode Pembelajaran

Contextual Learning

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan tema kesehatan dan rumah sakit.

Prasyarat : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang tema kesehatan dan rumah sakit.

II. Kegiatan

Guru : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan tema kesehatan dan rumah sakit.

Siswa : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang tema kesehatan dan rumah sakit.

III. Penutup

Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang tema kesehatan dan rumah sakit.

E. Sumber Belajar

F Buku yang berhubungan dengan tema

F Kamus Bahasa Inggris

F Gambar dan media penunjang

F. Penilaian Hasil Belajar

1. Written Test

- Fill in the blanks!

- Answer the following questions!

2. Spoken Test

- Practise these dialogues!

- Complete the dialogues below, then practise them!

Mengetahui

Kepala SD Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________

NIP NIP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SD Pertemuan : ….

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Metode : Contextual Learning

Sekolah/Semester : VI (enam)/Semester I Alokasi Waktu : … x 1 jam pelajaran

Tema : My Kite Flies High

__________________________________________________________________________________________________________________

Standar Kompetensi:

1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.

2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

3. Memahami teks fungsional pendek dan diskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Kompetensi Dasar:

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

1.2 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar.

2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar dan memberi pendapat.

3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

3.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Indikator :

F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.

F Siswa mampu memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar.

F Siswa mampu bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar dan memberi pendapat.

F Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.

F Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

A. Tujuan Pembelajaran

F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan tema kepemilikan.

B. Materi Pembelajaran

My Kite Flies High

C. Metode Pembelajaran

Contextual Learning

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan tema kepemilikan.

Prasyarat : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang tema kepemilikan.

II. Kegiatan

Guru : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan tema kepemilikan.

Siswa : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang tema kepemilikan.

III. Penutup

Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang tema kepemilikan.

E. Sumber Belajar

F Buku yang berhubungan dengan tema

F Kamus Bahasa Inggris

F Gambar dan media penunjang

F. Penilaian Hasil Belajar

1. Written Test

- Fill in the blanks!

- Answer the following questions!

2. Spoken Test

- Practise these dialogues!

- Complete the dialogues below, then practise them!

Mengetahui

Kepala SD Guru Mata Pelajaran

_________________ _________________

NIP NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar