Kamis, 04 November 2010

RPP IPA kls 6 Smt 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Kompetensi Dasar:

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek), dan lingkungan hidupnya.

Indikator :

1. Dapat memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Dapat membedakan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan-hewan tertentu.

3. Dapat menjelaskan keterkaitan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya.

Alokasi Waktu: .... × 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Membedakan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan-hewan tertentu.

3. Menjelaskan keterkaitan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya.

B. Materi Pembelajaran

Ciri khusus beberapa jenis hewan.

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct Instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Tanya jawab berbagai macam hewan.

2. Guru memerlihatkan gambar-gambar hewan.

3. Peserta didik mengamati gambar dan mengidentifikasi hewan sesuai kelompoknya.

4. Diskusi kelompok

Materi diskusi:

Ciri-ciri khusus hewan (kelelawar, cicak, dan bebek).

5. Diskusi kelas

Peserta didik mengemukakan hasil diskusi kelompok secara lisan sedangkan kelompok lainnya mendengarkan dan menanggapinya.

6. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan hasil diskusi.

2. Peserta didik membuat rangkuman dari materi yang baru saja dibahas.

3. Guru mengadakan evaluasi.

4. Guru memberi tugas peserta didik mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

Kompetensi Dasar:

1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.

Indikator:

1. Dapat menyebutkan contoh-contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus.

2. Dapat mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu.

3. Dapat membedakan beberapa ciri khusus dari tumbuhan tertentu.

4. Dapat menjelaskan hubungan antara ciri khusus pada tumbuhan dan lingkungan hidupnya.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menyebutkan contoh-contoh tumbuhan yang memiliki ciri khusus.

2. Mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan tertentu.

3. Membedakan beberapa ciri khusus dari tumbuhan tertentu.

4. Menjelaskan hubungan antara ciri khusus pada tumbuhan dan lingkungan hidupnya.

B. Materi Pembelajaran

Ciri khusus beberapa jenis tumbuhan.

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menunjukkan gambar tumbuhan teratai dan kantung semar.

2. Siswa memperhatikan dan mengamati gambar-gambar yang ditunjukkan guru.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang:

a. Ciri khusus teratai.

b. Ciri khusus kantung semar.

c. Perbedaan ciri-ciri tumbuhan teratai dan kantung semar.

4. Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya secara lisan atau tertulis.

5. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran.

2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat daftar tumbuhan yang ada di lingkungannya dengan ciri-ciri khususnya.

3. Guru memberi tugas pekerjaan rumah mengerjakan LKS Fokus.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.

Kompetensi Dasar:

2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia.

Indikator:

Dapat mengetahui ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan pada manusia.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

Mengetahui ciri-ciri perkembangan dan pertumbuhan pada manusia.

B. Materi Pembelajaran

Pertumbuhan manusia

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia dari bayi sampai lanjut dewasa, melalui gambar dan pengamatan.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan manusia.

4. Peserta didik membuat kesimpulan hasil diskusi dan mengomunikasikannya di depan kelas.

5. Guru menanggapi hasil diskusi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan dari hasil belajar.

2. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan LKS

3. Selesai mengerjakan LKS, guru dan peserta didik membahasnya bersama-sama.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.

Kompetensi Dasar:

2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.

Indikator:

1. Dapat mendeskripsikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas.

2. Dapat mendemonstrasikan cara-cara menjaga kebersihan organ reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu: 2 x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas.

2. Mendemonstrasikan cara-cara menjaga kebersihan organ reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran

Perubahan-perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan secara singkat tentang ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.

2. Guru memberi penjelasan secara terpisah antara anak laki-laki dan perempuan tentang cara merawat dan menjaga organ reproduksi.

3. Secara berkelompok peserta didik mengadakan diskusi tentang hormon yang memengaruhi perkembangan anak laki-laki dan perempuan.

4. Peserta didik mengemukakan hasil diskusi kelompok secara lisan sedangkan kelompok lain mendengarkan dan menanggapinya.

5. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tugas peserta didik untuk mengerjakan LKS.

3. Setelah mengerjakan LKS, guru membahasnya bersama peserta didik.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.

Kompetensi Dasar:

2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.

Indikator:

1. Dapat membandingkan berbagai cara tumbuhan berkembang biak.

2. Dapat membedakan antara perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan.

3. Dapat mempratikkan pembiakan tumbuhan secara vegetatif.

4. Dapat mengetahui cara-cara hewan berkembang biak.

5. Dapat mengetahui perbedaan antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan cara melahirkan.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Membandingkan berbagai cara tumbuhan berkembang biak.

2. Membedakan antara perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan.

3. Mempratikkan pembiakan tumbuhan secara vegetatif.

4. Mengetahui cara-cara hewan berkembang biak.

5. Mengetahui perbedaan antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan cara melahirkan.

B. Materi Pembelajaran

Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi pokok secara singkat.

2. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

3. Secara berkelompok peserta didik membuat data cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan melalui pengamatan langsung dan gambar.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusi di depan kelas.

5. Guru mengikuti diskusi peserta didik dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tugas mengerjakan LKS dan membahasnya secara bersama.

3. Guru memberi tugas rumah untuk mempraktikkan perkembangbiakan dengan cara mencangkok.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.

Kompetensi Dasar:

2.4 Mengidentifikasikan cara perkembangbiakan manusia.

Indikator:

Dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan pada manusia.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

Mengidentifikasi cara perkembangbiakan pada manusia.

B. Materi Pembelajaran

Perkembangbiakan manusia

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan secara singkat.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Guru memberi tugas peserta didik untuk mendiskusikan proses perkembangbiakan manusia.

4. Peserta didik membuat kesimpulan hasil diskusi dan melaporkannya di depan kelas.

5. Guru mengikuti jalannya diskusi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tes tertulis untuk mengetahui daya setiap materi.

3. Guru memberi pekerjaan rumah mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

Kompetensi Dasar:

3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).

Indikator:

1. Dapat mengetahui berbagai kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

2. Dapat mengidentifikasi berbagai cara pelestarian lingkungan.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengetahui berbagai kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

2. Mengidentifikasi berbagai cara pelestarian lingkungan.

B. Materi Pembelajaran

Kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan ekosistem

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru memperlihatkan gambar kerusakan lingkungan (misalnya penebangan hutan, erosi, banjir, dan sebagainya)

2. Guru menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kerusakan lingkungan (ekosistem), misalnya aktivitas manusia.

3. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

4. Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang cara-cara melestarikan lingkungan.

5. Peserta didik membuat kesimpulan sementara dari hasil diskusi dan melaporkan pada guru.

6. Guru memberi tanggapan dan informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar.

2. Guru memberi tes tertulis untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi pekerjaan rumah mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

Kompetensi Dasar:

3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan

Indikator:

1. Dapat mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.

2. Dapat menyebutkan cara-cara menanggulangi kepunahan tumbuhan.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.

2. Menyebutkan cara-cara menanggulangi kepunahan tumbuhan.

B. Materi Pembelajaran

Pengaruh pemanfaatan tumbuhan terhadap lingkungan.

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan jenis-jenis tumbuhan dan bagian yang dimanfaatkan.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan cara penanggulangan supaya jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan tidak mengalami kepunahan.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusinya di depan kelas.

5. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman hasil belajar.

2. Guru memberi tes tertulis untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi pekerjaan rumah untuk mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

Kompetensi Dasar:

3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.

Indikator:

1. Dapat mengidentifikasi bagian hewan yang sering dimanfaatkan oleh manusia.

2. Dapat memberikan contoh kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

3. Dapat menyebutkan cara menanggulangi kepunahan hewan.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengidentifikasi bagian hewan yang sering dimanfaatkan oleh manusia.

2. Memberikan contoh kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem.

3. Menyebutkan cara menanggulangi kepunahan hewan.

B. Materi Pembelajaran

Pengaruh pemanfaatan hewan terhadap lingkungan

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperatif learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menunjukkan gambar hewan seperti: badak, orangutan, komodo, cenderawasih, dan lain-lain.

2. Guru menyuruh peserta didik untuk mengamati dan menyebutkan nama hewan yang ada pada gambar.

3. Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang bagian-bagian tubuh hewan yang ada pada gambar.

4. Guru menanyakan kepada peserta didik bagian tubuh hewan gajah dan badak yang sering dimanfaatkan oleh manusia.

5. Guru bersama peserta didik membahas berbagai cara penanggulangan pemanfaatan bagian tubuh hewan tersebut.

6. Guru bersama peserta didik membahas upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka melestarikan keseimbangan ekosistem.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dibahas.

2. Guru memberikan tugas/evaluasi kepada peserta didik.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

4. Memahami pentingnya pelestarian makhluk hidup untuk mencegah kepunahan

Kompetensi Dasar:

4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.

Indikator:

1. Dapat mengidentifikasi jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan.

2. Dapat mengidentifikasi jenis hewan yang mendekati kepunahan.

3. Dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan dan tumbuhan.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengidentifikasi jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan.

2. Mengidentifikasi jenis hewan yang mendekati kepunahan.

3. Menjelaskan tujuan pelestarian hewan dan tumbuhan.

B. Materi Pembelajaran

Hewan dan tumbuhan langka

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi secara singkat melalui pengamatan gambar.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Secara berkelompok peserta didik berdiskusi tentang hewan dan tumbuhan asli Indonesia yang mendekati kepunahan.

4. Peserta didik membuat kesimpulan sementara hasil diskusi dan mengomunikasikannya di depan kelas.

5. Guru mengikuti dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar.

2. Guru memberi tes tertulis untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi pekerjaan rumah untuk mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.

Kompetensi Dasar:

4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.

Indikator:

1. Dapat menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup bagia perkembangan ilmu pengetahuan

2. Dapat menyebutkan manfaat pelestarian alam bagi kehidupan masyarakat.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup bagia perkembangan ilmu pengetahuan

2. Menyebutkan manfaat pelestarian alam bagi kehidupan masyarakat.

B. Materi Pembelajaran

Pelestarian makhluk hidup

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan materi secara singkat.

2. Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang kerugian yang dialami manusia karena hilangnya makhluk hidup tertentu.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusi di depan kelas.

5. Guru memberi tanggapan dan informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tugas mengerjakan LKS dan membahasnya secara saksama.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.

Kompetensi Dasar:

5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.

Indikator:

1. Dapat mengidentifikasi berbagai benda yang bersifat konduktor dan isolator panas.

2. Dapat mengelompokkan benda berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.

3. Dapat mengetahui perbedaan bahan isolator dan bahan konduktor..

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengidentifikasi berbagai benda yang bersifat konduktor dan isolator panas.

2. Mengelompokkan benda berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.

3. Mengetahui perbedaan bahan isolator dan bahan konduktor.

B. Materi Pembelajaran

Benda konduktor dan isolator panas

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru memberi penjelasan tentang materi yang dibahas.

2. Siswa memperhatikan dan merespon penjelasan guru.

3. Guru mengajak siswa untuk melakukan praktik tentang sifat konduktor dan isolator.

4. Guru menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan praktik dan membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

5. Peserta didik melakukan praktik dan berdiskusi sesuai kelompoknya.

6. Peserta didik membuat kesimpulan sementara dari hasil praktik dan diskusi.

7. Peserta didik mengemukakan kesimpulannya di depan kelas.

8. Guru mengikuti dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tes tertulis untuk mengetahui kemampuan peserta didik menyerap materi.

3. Guru memberi pekerjaan rumah mengerjakan LKS.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.

Kompetensi Dasar:

5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.

Indikator:

1. Mengetahui penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator panas dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengetahui bahan-bahan yang bersifat konduktor dan isolator panas.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mengetahui penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator panas dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengetahui bahan-bahan yang bersifat konduktor dan isolator panas.

B. Materi Pembelajaran

Konduktor dan isolator panas dalam kehidupan

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan tentang alasan-alasan penggunaan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuannya menghantarkan panas.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat konduktor dan isolator panas.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusinya di depan kelas.

5. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar dengan bimbingan guru.

2. Guru memberi tugas mengerjakan LKS dan membahasnya secara bersama.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

6. Memahami faktor penyebab perubahan benda

Kompetensi Dasar:

6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.

Indikator:

1. Dapat menjelaskan kondisi yang memengaruhi perubahan benda.

2. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perubahan benda.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Menjelaskan kondisi yang memengaruhi perubahan benda.

2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perubahan benda.

B. Materi Pembelajaran

Perubahan pada benda

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan tentang faktor-faktor penyebab perubahan benda melalui pengamatan.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang benda-benda yang bisa mengalami perubahan.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusi di depan kelas.

5. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil belajar.

2. Guru memberi tugas mengerjakan LKS dan membahasnya secara bersama.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI / 1

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi:

6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.

Kompetensi Dasar:

6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda atau bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:

1. Dapat mendeskripsikan sifat-sifat bahan yang digunakan untuk membuat benda dalam kehidupan sehari-hari.

2. Dapat mengetahui alasan penggunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu: .... x 1 jp

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

1. Mendeskripsikan sifat-sifat bahan yang digunakan untuk membuat benda dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mengetahui alasan penggunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran

Sifat benda dan kegunaannya

C. Metode Pembelajaran

1. Model:

- Direct instruction (DI)

- Cooperative learning

2. Metode:

- Ceramah

- Diskusi kelompok

- Praktik

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan secara singkat tentang sifat-sifat bahan melalui pengamatan dan percobaan.

2. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.

3. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan sifat bahan karet, kayu, plastik, dan logam.

4. Peserta didik melaporkan hasil diskusinya di depan kelas.

5. Guru menanggapi dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan dari hasil belajar.

2. Guru memberi tugas mengerjakan LKS dan menguji hasilnya bersama.

3. Guru memberi pekerjaan rumah untuk menguji kekuatan suatu bahan

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket IPA SD Kelas VI

b. LKS Modul

c. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen: sikap ilmiah, pilihan ganda, isian, dan uraian.

II. Penerapan

Bentuk instrumen: pengamatan, studi pustaka, atau percobaan.

Mengetahui ..............., ............................

Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mapel,

_________________ _________________

NIP NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar