Kamis, 04 November 2010

RPP IPS kls 6 smt 1

rencana pelaksanaan pembelajaran

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI/I

Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi:

1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam, dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.

Kompetensi Dasar:

1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrsi wilayah Indonesia.

Indikator:

1. Mengetahui wilayah provinsi di Indonesia yang mengalami pemekaran.

2. Mengetahui sejarah perkembangan luas perairan Indonesia.

Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1. Mendeskripsikan perkembangan wilayah provinsi di Indonesia.

2. Mendeskripsikan perkembangan wilayah laut teritorial Indonesia.

B. Materi Pembelajaran

· Pembagian administrasi wilayah.

· Wilayah laut teritorial Indonesia.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah bervariasi

Diskusi

Inquiri

Tanya jawab

Observasi

(Menyesuaikan dengan situasi KBM)

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru mendeskripsikan perubahan wilayah provinsi di Indonesia.

2. Siswa merespon penjelasan guru.

3. Guru mendeskripsikan perubahan wilayah laut teritorial Indonesia.

4. Siswa mengetahui perubahan wilayah perairan Indonesia.

5. Siswa menanyakan uraian materi yang belum dipahami.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.

2. Guru memberi post-test untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E. Sumber Belajar

1. Buku IPS SD Kelas VI

2. LKS Modul

3. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen : Etika perilaku, pilhan ganda, isian, dan lain-lain.

II. Keterampilan Pengetahuan Sosial

Bentuk instrumen : Aktivitas sosial dan kegiatan penelitian.

Mengetahui, .............., .........................

Kepala Sekolah Guru Kelas/Mapel

_________________

NIP. NIP.


rencana pelaksanaan pembelajaran

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI/I

Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi:

1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam, dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.

Kompetensi Dasar:

1. 2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

Indikator:

1. Mengetahui letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia.

2. Mengetahui perbandingan kenampakan alam Indonesia dengan negara tetangga.

3. Mengetahui perbandingan keadaan sosial di Indonesia dengan negara tetangga.

Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

1. Mendeskripsikan kenampakan alam Indonesia dengan negara-negara tetangga.

2. Mendeskripsikan keadaan sosial di Indonesia dari negara-negara tetangga.

B. Materi Pembelajaran

· Kenampakan alam Indonesia dan negara-negara tetangga.

· Keadaan sosial di Indonesia dari negara-negara tetangga.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah bervariasi

Diskusi

Inquiri

Tanya jawab

Observasi

(Menyesuaikan dengan situasi KBM)

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru mengidentifikasi letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia.

2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.

3. Guru membandingkan kenampakan alam Indonesia dengan negara tetangga.

4. Siswa mengetahui perbandingan kenampakan alam Indonesia dengan negara tetangga.

5. Guru membandingkan keadaan gejala sosial di Indonesia dengan negara tetangga.

6. Siswa mengetahui perbandingan keadaan sosial di Indonesia dengan negara tetangga.

7. Guru memberikan contoh sikap waspada terhadap masalah sosial di Indonesia.

8. Siswa mengetahui contoh sikap waspada terhadap masalah sosial di Indonesia.

9. Siswa menanyakan uraian yang belum dipahami.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.

2. Guru memberi post-test untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E. Sumber Belajar

1. Buku IPS SD Kelas VI

2. LKS Modul

3. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen : Etika perilaku, pilhan ganda, isian, dan lain-lain.

II. Keterampilan Pengetahuan Sosial

Bentuk instrumen : Aktivitas sosial dan kegiatan penelitian.

Mengetahui, .............., .........................

Kepala Sekolah Guru Kelas/Mapel

___________________

NIP. NIP.


rencana pelaksanaan pembelajaran

(RPP)

Tingkat Pendidikan : SD

Kelas/Semester : VI/I

Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi:

1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam, dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.

Kompetensi Dasar:

1.1 Mengidentifikasi benua-benua.

Indikator:

1. Menjelaskan keadaan geografis benua-benua di permukaan.

2. Menunjukkan pada peta tentang kenampakan alam di dunia.

3. Membandingkan perkembangan beberapa negara di tiap benua.

Alokasi Waktu : .... x 1 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1. Mengidentifikasi benua-benua di permukaan bumi.

2. Mengidentifikasi negara-negara di tiap benua.

B. Materi Pembelajaran

· Benua di permukaan bumi.

· Perkembangan negara-negara di tiap benua.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah bervariasi

Diskusi

Inquiri

Tanya jawab

Observasi

(Menyesuaikan dengan situasi KBM)

D. Langkah-Langkah Kegiatan

I. Kegiatan Pendahuluan

1. Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.

II. Kegiatan Inti

1. Guru menjelaskan tentang keadaan geografis benua-benua di permukaan bumi.

2. Guru menjelaskan tentang tentang kenampakan alam di dunia pada peta.

3. Siswa mengamati peta tentang kenampakan alam di dunia.

4. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.

5. Guru menjelaskan perkembangan beberapa negara di tiap benua.

6. Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang perkembangan beberapa negara di tiap benua.

7. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.

III. Kegiatan Penutup

1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.

2. Guru memberi post-test untuk mengetahui daya serap materi.

3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E. Sumber Belajar

1. Buku IPS SD Kelas VI

2. LKS Modul

3. Referensi lain yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar

I. Penguasaan Konsep

Bentuk instrumen : Etika perilaku, pilhan ganda, isian, dan lain-lain.

II. Keterampilan Pengetahuan Sosial

Bentuk instrumen : Aktivitas sosial dan kegiatan penelitian.

Mengetahui, .............., .........................

Kepala Sekolah Guru Kelas/Mapel

___________________

NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar