Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
B. Indikator
o Melakukan pekerjaan hitung campuran
o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
C. Materi Essensial
Sifat-Sifat Operasi Hitung
o Pengerjaan Hitung Campuran (Hlm. 2)
o Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK (Hlm. 4)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Memberikan pertanyaan 30 + 10 = . . . .
|
Mencatat indikator
Menjawab 30 +10 = 40 |
10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan langkah pengerjaan soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi hitung
o Menjelaskan contoh soal Hlm. 2 o Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 3
o Menjelaskan cara mencari faktor prima suatu bilangan
o Menugaskan mengerjakan latihan 4, 5 Hlm. 5
|
Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan
Mencatat dan memahami cara pengerjaan contoh dan latihan latihan 1 dan 2
Mencatat cara mencari faktor prima
mengerjakan tugas dari guru |
100 |
3. Penutup Menugaskan untuk mengerjakan latihan 6, 7 Hlm.4 |
Mengerjakan pekerjaan rumah
|
10 |
|
|
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
B. Indikator
o Menentukan FPB dan KPK dari dua atau tiga bilangan
o Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan FPB dan KPK dari dua atau tiga bilangan
C. Materi Essensial
Sifat-Sifat Operasi Hitung
o Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK (Hlm. 4)
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas VI jilid 6A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah
|
Mencatat indikator
Mengumpulkan pekerjaan rumah |
10 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal Hlm. 16
o Menugaskan mengerjakan latihan 12 dan 13. Hlm. 17
o Menjelaskan contoh soal Hlm. 17
o Menugaskan mengerjakan latihan 13. no ganjil Hlm. 17
|
Memahami penjelasan guru
Mengerjakan latihan 12 dan 13
Memahami penjelasan guru
Mengerjakan latihan 14 no ganjil
|
100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan o Menugaskan untuk mengerjakan latihan 6 latihan 13. no genap Hlm. 17
|
Mendengarkan motivasi guru
Mengerjakan pekerjaan rumah
| 10 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar