Kamis, 04 November 2010

Perangkat pembelajaran Al Qur'an Hadits kls 1 smt 1


morac

PERANGKAT PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS

MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM 01MIFTAHUL ULUM 01

KELAS I SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01

Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits

Kelas / Semester : I (Satu / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI

1. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih

B. Kompetensi Dasar

1.1 Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

C. Tujuan Pembelajaran :

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Fatihah tiap ayat

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Fatihah secara acak

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Melafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Melafalkan surat an-Nas secara acak

§ Siswa mampu Melafalkan surat an-Nas secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Falaq tiap ayat

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Falaq secara acak

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Ikhlas tiap ayat

§ Siswa mampu Melafalkan surat al- Ikhlas secara acak

§ Siswa mampu Melafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Melafalkan surat al-Lahab tiap ayat

§ Siswa mampu Melafalkan surat al- Lahab secara acak

§ Siswa mampu Melafalkan surat al- Lahab secara benar dan fasih

D. MATERI PELAJARAN

§ Melafalkan surat al-Fatihah

§ Melafalkan surat al-Fatihah secara acak

§ Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya

E. METODE PEMBELAJARAN

§ Pemodelan

§ Drill

§ Praktik

§ Penugasan

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

MEDIA/

SUMBER

WAKTU

1.

PENDAHULUAN

10 menit

§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya

§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini

§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Fatihah

§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak

§ Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda

Teknik pembagian kelompok

1 menit

2 menit

3 menit

2 menit

2 menit

2.

KEGIATAN INTI

45 menit

§ Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Fatihah mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah.

§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Fatihah yang dilakukan oleh guru

§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Fatihah dengan benar dan fasih

§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah

§ Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Fatihah secara acak.

§ Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.

§ Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian

Papan penilaian

3.

PENUTUP

5 menit

§ Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.

§ Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu

G. MEDIA / SUMBER

§ Kartu ayat surat al-Fatihah

§ Tape recorder

§ Papan penilaian

§ Instrumen kuis

§ Instrumen kerja individu

§ Buku paket

H. PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

§ Melafalkan surat al-Fatihah tiap ayat

§ Melafalkan surat al-Fatihah secara acak

§ Melafalkan surat al-Fatihah secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Fatihah tiap ayat!

§ Melafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat

§ Melafalkan surat an-Nas secara acak

§ Melafalkan surat an-Nas secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat an-Nas sesuai urutan ayat!

§ Melafalkan surat al-Falaq tiap ayat

§ Melafalkan surat al-Falaq secara acak

§ Melafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Falaq tiap ayat!

§ Melafalkan surat al-Ikhlas tiap ayat

§ Melafalkan surat al- Ikhlas secara acak

§ Melafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih

§

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Ikhlas tiap ayat!

§ Melafalkan surat al-Lahab tiap ayat

§ Melafalkan surat al- Lahab secara acak

§ Melafalkan surat al- Lahab secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Lahab tiap ayat!

Mengetahui,

Kepala Madrasah

MIFTAHUL ULUM 01

................................................

NIP.

........................ , ............................

Guru bidang studi Qur’an Hadits

................................................

NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )

Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01

Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits

Kelas / Semester : I (Satu / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit

A. STANDAR KOMPETENSI

1. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih

B. Kompetensi Dasar

1.2 Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

C. Tujuan Pembelajaran :

§ Siswa mampu Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak

§ Siswa mampu Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Menghafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Menghafalkan surat an-Nas secara acak

§ Siswa mampu Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Falaq secara acak

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Ikhlas secara benar dan fasih

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Lahab secara acak

§ Siswa mampu Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih

D. MATERI PELAJARAN

§ Melafalkan surat al-Fatihah

§ Melafalkan surat al-Fatihah secara acak

§ Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya

E. METODE PEMBELAJARAN

  1. Pemodelan
  2. Drill
  3. Praktik
  4. Penugasan

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

MEDIA/

SUMBER

WAKTU

1.

PENDAHULUAN

10 menit

§ Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya

§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini

§ Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Fatihah

§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak

§ Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda

Teknik pembagian kelompok

1 menit

2 menit

3 menit

2 menit

2 menit

2.

KEGIATAN INTI

45 menit

§ Siswa WAYAN menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Fatihah mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah.

§ Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Fatihah yang dilakukan oleh guru

§ Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Fatihah dengan benar dan fasih

§ Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah

§ Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Fatihah secara acak.

§ Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.

§ Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.

Guru, slide, tape recorder

Instrumen kuis

Instrument kuis dan kartu ayat

Papan penilaian

Papan penilaian

3.

PENUTUP

5 menit

§ Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.

§ Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajarai.

Instrumen tugas individu

G. MEDIA / SUMBER

§ Kartu ayat surat al-Fatihah

§ Tape recorder

§ Papan penilaian

§ Instrumen kuis

§ Instrumen kerja individu

§ Buku paket

H. PENILAIAN

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

§ Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat

§ Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak

§ Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Fatihah sesuai urutan ayat!

§ Menghafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat

§ Menghafalkan surat an-Nas secara acak

§ Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat an-Nas sesuai urutan ayat!

§ Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat

§ Menghafalkan surat al-Falaq secara acak

§ Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat!

§ Menghafalkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat

§ Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak

§ Menghafalkan surat al-Ikhlas secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat!

§ Menghafalkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat

§ Menghafalkan surat al-Lahab secara acak

§ Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih

Tes lisan

Praktek

Unjuk kerja

§ Sebutkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat!

Mengetahui,

Kepala Madrasah

MIFTAHUL ULUM 01

................................................

NIP.

........................ , ............................

Guru bidang studi Qur’an Hadits

................................................

NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini